VIDEO TENIS MEJA TERLARIS BULAN INI

Turnamen Tenis Meja ITB OPEN November 2016

ITB Open adalah kejuaraan terbuka tenis meja se-Indonesia, turnamen ini murni dikelola oleh UKM Tenis Meja ITB yaitu UATM (Unit Aktivitas Tenis Meja) ITB.

Ajang Turnamen Tenis Meja yang paling dinantikan oleh para pecinta tenis meja, daftarkan segera untuk informasi lebih lengkap lihat brosur dibawah



Turnamen Tenis Meja Se-IndonesiaITB Open merupakan acara yang diselenggarakan rutin setiap tahunnya oleh Unit Aktivitas Tenis Meja (UATM) Institut Teknologi Bandung (ITB). Pertama kali, turnamen tenis meja ini diselenggarakan pada tahun 1995 dengan nama “Turnamen Piala Ganesha” yang hanya mempertandingan nomor-nomor pertandingan untuk mahasiswa. Selanjutnya, di tahun 1997, nama turnamen tenis meja ini berubah menjadi ”ITB Open”. Di tahun-tahun selanjutnya, ITB Open terus diselenggarakan dengan berbagai perkembangan yang signifikan setiap tahunnya.

Berikut adalah rekap jumlah peserta ITB OPEN dari tahun 1997 – 2013.

Penyelenggaraan

Penyelenggaraan -------Total Peserta

ITB OPEN I / 1997 -------305

ITB OPEN II / 1998-------375

ITB OPEN III / 1999-------414

ITB OPEN IV / 2000-------492

ITB OPEN V / 2001-------523

ITB OPEN VI / 2002-------460

ITB OPEN VII / 2003-------430

ITB OPEN VIII / 2004-------530

ITB OPEN IX / 2006-------330

ITB OPEN X / 2007-------498

ITB OPEN XI /2008-------615

ITB OPEN XII /2010-------730

ITB OPEN XIII /2011-------830

ITB OPEN XIV /2012-------300

ITB OPEN XV /2013-------600



Dari tahun ke tahun nomor pertandingan yang dipertandingkan dalam ITB OPEN semakin bertambah. Dimulai dengan nomor mahasiswa, terus bertambah dengan adanya nomor umum, veteran, kadet dan junior. Dengan bertambahnya nomor pertandingan jumlah peserta pun semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kenaikan jumlah peserta ini pun banyak menarik sponsor yang membuat hadiah yang diperebutkan oleh para peserta dapat naik dari tahun ke tahun. Tidak hanya jumlah peserta yang dapat membuktikan kualitas tinggi dari ITB OPEN, tetapi turnamen tenis meja nasional ini juga selalu diramaikan atlet atlet nasional dari berbagai daerah dari Indonesia. Jarak pun tidak menghalangi para peserta untuk ikut berpartisipasi dalam turnamen nasional ini. ITB OPEN juga selalu mempertahankan kualitas dari segi administrasi, wasit, dan semua alat yang membantu jalannya pertandingan.

ITB OPEN ini diselenggarakan oleh UATM (Unit Aktifitas Tenis Meja) ITB yang telah diakui sebagai salah satu penyelenggara turnamen tenis meja tingkat nasional paling sukses di mata pecinta, pemerhati, dan atlet tenis meja tanah air. Melanjutkan kesuksesan tahun kemarin, UATM pada tahun ini mengadakan kembali turnamen tenis meja paling bergengsi di Indonesia, ITB OPEN XVI 2015.

ITB OPEN XVI 2015 yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 November sampai 29 November telah menjadi agenda kegiatan Pengurus Daerah Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Jawa Barat dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. Turnamen tahun ini, UATM ITB akan kembali mengedepankan inovasi teknologi dan fasilitas penyelenggaraan kejuaraan yang terbaik.



ITB OPEN dari Masa ke Masa (2006-2013)

ITB OPEN IX / 2006 ini adalah awal dimulainya inovasi‐inovasi baru dalam sejarah turnamen nasional yang diadakan UATM ini. Setelah vakum selama satu tahun, pada turnamen tersebut mulai dipertandingkan nomor kadet (15 tahun) dan nomor veteran, yang mendapat tanggapan positif dari banyak pihak.

ITB OPEN X / 2007 adalah awal peningkatan fasilitas pertandingan pada turnamen ini. Pada tahun tersebut, mulai digunakan meja dan sketsel pertandingan yang seragam, dengan kualitas tinggi. Pada turnamen ini juga pertama kalinya diadakan pertandingan nomor eksekutif dan undangan khusus, dengan hadiah sebuah meja ping-pong.

ITB OPEN XI / 2008, pada tahun ini diperkenalkan teknologi inovasi terbaru dalam dunia tenis meja, yaitu scoring board digital. Pembuatan scoring board ini adalah pertama kali dan satu-satunya di Indonesia untuk olahraga tenis meja.

ITB Open XII / 2010, turnamen ITB Open dengan peserta dan total hadiah yang meningkat dari ITB Open sebelumnya. Pada ITB Open XII / 2010, peserta menembus angka 750 dan dengan total hadiah Rp.70.000.000,00. Tentunya itu semua diimbangi dengan kulitas peserta yang berpartisipasi dibuktikan dengan bertambah banyaknya atlet-atlet nasional yang berpartisipasi di ITB Open XII / 2010.

ITB Open XIII / 2011, walaupun sempat absen dari dunia tenis meja selama setahun, kualitas dari ITB Open dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan adanya nomor pertandingan baru yaitu nomor junior (17 tahun). Adanya PraPON pada waktu yang dekat pun tidak menghalangi naiknya jumlah peserta sampai 800 orang lebih.

ITB Open XIV / 2012, tema dari ITB Open tahun ini adalah ITB Open for all yang dimaksudkan adanya nomor pertandingan baru yaitu untuk nomor junior, ini adalah tahun pertama ITB Open mengundang para junior dengan tujuan sebagai regenerasi pertenis mejaan di Indonesia.

ITB Open XV / 2013, tahun ini tahun pertama itb open se-ASEAN, namun karena beberapa alasan tidak ada peserta diluar perserta nasional yang datang. Pada tahun ini total hadianya adalah 120 juta, ini merupakan tahun dimana ITB Open mengeluarkan hadiah paling besar.
Previous
Next Post »